Redelong : Rajawalibaruna.com Penjabat (Pj.) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si Didampingi Pj. Ketua TP-PKK Bener Meriah Risnawati, S.SIT menghadiri Hari Perayaan Petani di Gudang PT. Olam Indonesia. Minggu (25-09-2022)

Dalam acara yang berlokasi di Kampung Makmur Sentosa Kecamatan Bandar tersebut, Pj. Bupati Haili Yoga mengatakan Kabupaten Bener Meriah telah memiliki Surat Keterangan Asal (SKA) Kopi yang telah terbit pada tanggal 17 Agustus 2022 lalu diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan RI. “Perlu kami sampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah telah menerima SKA Kopi dari Kementerian Perdagangan RI, yang sudah lama kita tunggu, mulai dari awal mekarnya Kabupaten Bener Meriah hingga 17 Agustus lalu kita dapat” kata Pj. Bupati dalam sambutannya.

Disamping itu, ia berharap agar perusahaan lain juga bisa seperti PT. Olam Indonesia yang berkomitmen akan menerbitkan SKA dari Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan memberikan label yang bertuliskan “GAYO” pada kapsul-kapsul atau produk kopi sebagai tanda produk tersebut merupakan komoditi yang berasal dari Kabupaten Bener Meriah pada Dokumen Kepabeanan BEA CUKAI Lhokseumawe saat proses ekspor kopi dilakukan.

” Kami harap terkait SKA Kopi, perusahaan lain juga seperti PT. Olam Indonesia yang berkomitmen akan menerbitkan SKA dari Bener Meriah, karna SKA Kopi merupakan Hak Paten yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan” tegas Pj. Bupati Haili Yoga.

” Tentu dengan adanya SKA tersebut dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bener Meriah sendiri, dengan harapan nantinya akan ada Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat yang diberikan untuk Kabupaten Bener Meriah” tambahnya

Selain itu ia juga menyampaikan dalam pembudidayaan tanaman kopi agar menggunakan pupuk organik, sehingga berdampak pada meningkatnya kuantitas dari pupuk tersebut, dan tidak lagi menggunakan pupuk non-organik. “Kami juga mengajak agar para petani menggunakan pupuk organik dan lebih ditingkatkan lagi pupuk tersebut, karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas dari pada rasa kopi yang dihasilkan” tutup Haili Yoga, Pj. Bupati.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Anggota DPRK Bener Meriah Zulham, Asisten Perekonomian dan Pembangunan drh. Sofyan, Kadis Perdagangan Abdul Kadir, ST.,M.Si, Kadis Perhubungan Abdul Gani, SP.,M.Si, mewakili Kepala Bank Indonesia Lhokseumawe Rio Wardana, Perwakilan PT. Perta Arun Gas Ibnu Abas, Pemimpin Cabang PT. Olam Indonesia Jose Omar Heneo, Indra Perwiryanto, Manajer Program Asia Nespresso Sarah, dan Reinhard dari Zurich.

Wartawan Aceh: Adis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *