Rajawalibaruna.com |Redelong- Pagi ini Penjabat (Pj.) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si terima penjelasan PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) dalam rangka pembiayaan pembangunan infrastruktur bagi pemerintah daerah di Aula Kantor Dirjen Kekayaan Negara (DJKN) Provinsi Aceh, Banda Aceh. (01/12/2022)

PT. PII adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang 100% dimiliki dan didirikan pemerintah sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan di Indonesia. Sebagai instrumen fiskal pemerintah, PT. PII berada dibawah pembinaan pengawasan langsung oleh kementerian keuangan, Sebagaimana dijelaskan Syukriah HG Kepala Kanwil DJKN Aceh dalam sambutannya.

Pada sesi diskusi, Haili Yoga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sedang berupaya dalam membenahi fasilitas rumah sakit, sehingga perlu pengembangan dalam upaya memberikan layanan kesehatan masyarakat dari Badan Layanan Umum Daerah itu, yang ia sampaikan kepada Direktur Eksekutif Bisnis PT. PII Andre Permana.

Ia berharap dari Program KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) PT. PII Ini dapat membantu pembangunan dan pengembangan rumah sakit di Kabupaten Bener Meriah, karena saat ini kondisi anggaran yang tersedia dari APBK sangat terbatas.

Haili Yoga optimis Pemda Bener Meriah dapat menjadi salah satu lokasi Program ini, karena memiliki potensi dan komitmen dalam penggunaan biaya yang danai oleh PT. PII.

Lanjut dalam Coaching Clinic, Pj. Bupati nyatakan bersedia untuk segera melakukan studi pendahuluan pembangunan rumah sakit, sebagaimana diminta oleh Abimanyu Perwakilan PT. PII dan Stevi Perwakilan Kementerian Keuangan.

“secepatnya kami akan membentuk tim dalam upaya percepatan program ini, tentu kami membutuhkan fasilitator dari kemenkeu guna menyiapkan segala dokumen pendukungnya, selain itu kami akan membangun komunikasi dengan stakeholder di Bener Meriah”, kata Haili Yoga.

Dari informasi yang dihimpun dalam kegiatan tersebut, PT. PII bersedia melakukan pembiayaan infrastruktur pemerintah daerah dengan tenor pembayaran diatas 15 tahun dan sudah banyak terealisasi di kab/kota di Indonesia.

Acara yang melibatkan seluruh Bupati dan Walikota di Aceh Itu, juga dihadiri oleh Direktur Keuangan Daerah Kemendagri yang diwakili oleh Direktur Pendapatan Daerah, Hendriwan dan Sekda Aceh yang diwakili Kepala Dinas Keuangan Aceh, Azhari dan perwakilan Bappenas RI Angga Ekatana.

Dari jajaran Pemda Bener Meriah, mendampingi Pj. Bupati dalam kegiatan itu Kepala Dinas Keuangan, Marwan, Kepala Bappeda, Khairun Aksa dan Mawardi, Kepala Inspektorat Bener Meriah. (Adis Atim R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *