Rajawalibaruna.com | Sijunjung – PT Semen Padang akan lakukan kerjasama dengan pemerintah Nagari Padang Sibusuk diantara kerjasama kedua belah pihak yaitu PT SEMEN PADANG akan memanfaatkan lahan lahan bekas tambang yang sekarang belum dapat di garap oleh masyarakat karena kondisi tanah yang tidak lagi produktif karena nya humus tanah bekas galian tambang emas. (19 Desember 2022)

Keterangan dari Wali Nagari Padang Sibusuk Aprizaldi,D kepada awak media Rajawalibaruna.com saat kita temui menerangkan “Kita dengan PT SEMEN PADANG akan melakukan budidaya tanaman Kaliandra dengan memanfaat kelompok tani untuk menanam Kaliandra di lahan lahan mereka yang bekas tambang emas”.

Kenapa pilihan kepada tanaman Kaliandra karena tumbuhan ini sangat menjanjikan untuk membangkitkan energi yang terbarukan saat ini ,adapun Manfaat Kaliandra diantaranya :
•Daun Kaliandra sebagai bahan pakan berpotein Tinggi
•Kaliandra bahan baku pupuk organik
•Kaliandra Tanaman Penghijauan dan mencegah erosi tanah
•Bunga Kaliandra Tempat peternak lebah madu
•Batang Kaliandra yang kering akan menjadi Bahan baku biomassa yang kuat apinya.

Dihadapan acara sosialisasi yang dilakukan. Oleh Pemerintah Nagari Padang Sibusuk pada malam Senin tanggal 19 Desember 2022 bertempat di Kantor Wali Nagari Semalam yang di hadiri oleh perwakilan PT.SEMEN PADANG Kabid CSR (Pak Dion) dengan beberapa tokoh masyarakat, Ketua dan anggota kelompok tani yang ada di Nagari Padang Sibusuk, beliau menyampaikan batang Kaliandra salah satu energi yang terbarukan yang akan bermanfaat bagi PT.SEMEN PADANG nantinya selain bahan batu bara , lebih jelas dari manfaat tanaman Kaliandra sebagimana di sebutkan di atas tersebut Kayu Kaliandra kering dengan kadar H2O di bawah 10% juga bisa menghasilkan sampai dengan 5000Kcl (kata pak Dion).

PT. SEMEN PADANG siap menyediakan Bibit tanaman Kaliandra berapa pun yang dibutuhkan oleh masyarakat Padang Sibusuk dan PT.SEMEN PADANG siap akan membeli berapa banyak hasil tanaman Kaliandra yang telah siap panen kedepannya.

Mudah-mudahan dengan adanya budidaya tanaman Kaliandra ini di Lahan bekas tambang emas akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kedepanya itu harapan dari pemerintah Nagari Padang Sibusuk,

Penulis Jupri AK
Luxman
Editor Adis Atim R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *