Rajawalibaruna.com | Redelong –  Satu unit rumah kebun (kontruksi papan) di Desa Bathin Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah ludes terbakar. Pemilik kebun Hasiludin (40) warga Desa Janarata Kecamatan Bandar. Selasa 27/12/2022

Kejadian diketahui sekira pukul 21:40 WIB dimana masyarkat setempat melihat kepulan asap tebal disertai api yang menyala dan sudah membesar.

Mendapati informasi kebakaran tersebut, Personel Koramil 01/Bandar, Polsek bersama Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memadamkan api.

Komandan Kodim 0119/BM Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto M.Han melalui Danramil Kapten Inf Usep Haerudin menjelaskan penyebab kebakaran di duga dari sisa bara api yang ditinggal pemiliknya untuk mengeringkan pakaian yang tergantung.

Berawal “Pemilik rumah Hasiludin pada sore harinya berada di gubuk kebun miliknya melaksanakan istirahat sambil menyalakan api menggunakan kayu di tungku untuk menghangatkan badan”.

Menjelang magrib Sdr. Hasiludin pulang ke rumahnya di Desa Janarata Kecamatan Bandar dan meninggalkan sisa bara api di tungku dengan alasan mengeringkan pakaian basah yang di jemur menggunakan tali melintang di atas tungku.

“Pada saat di tinggal Sdr. Hasiludin, di duga Sisa bara api membesar dan api menyambar pakaian yang di jemur dan tergantung tepatnya di atas tungku tersebut sehingga api menyala dan merambat membakar seisi rumah kebun. ,”Sayangnya,” mobil Damkar terhenti di jalan masuk rumah kebun tersebut karena akses jalan ke kebun hanya jalan setapak. Terang Danramil.

Pukul 00:30 dini hari”, api dapat dipadamkan bersama TNI-Polri dan masyarakat setempat menggunakan alat seadanya.

Danramil menyebutkan tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan Rp 30 Juta-an. Tandas Danramil.

(Adis Atim R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *