RajawaliBaruna.com | Aceh Timur – MTs Negeri 9 Aceh Timur kini telah menyelesaikan seluruh kegiatan dalam Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Acara penutupan MATSAMA tersebut dilakukan di Mushola Madrasah ini dihadiri Kepala Madrasah Muhammad Yusuf, S.Ag, Waka Madrasah dan panitia pelaksana pada Kamis (20/7/23).

Salawati Abdullah, S.Pd.I sebagai Wakamad Kesiswaan menjelaskan sebanyak 112 orang siswa yang baru menduduki bangku kelas 7 Mts ini semuanya mengikuti MATSAMA.

“Secara umum, materi yang diberikan saat Masa Taaruf Siswa Madrasah ini yaitu tentang kemadrasahan dalam hal ini merupakan pengenalan lingkungan madrasah, moderasi beragama, nilai-nilai madrasah, peraturan-peraturan yang ada di madrasah, baris-berbaris, mengajarkan lagu wajib nasional dan juga hal-hal lainnya.” jelas Salawati ketika wawancara.

“Saya berharap agar siswa dapat menerapkan apa yang sudah diajarkan dalam MATSAMA ini khususnya mempraktekkan nilai-nilai kemadrasahan misalnya dalam hal toleransi sesam, kerja sama, disiplin dan lain sebagainya sehingga bermanfaat bagi masa depan mereka.” ungkap Wakamad bidang kesiswaan itu.

Di waktu dan tempat yang sama, Kapala Madrasa MTs Negeri 9 Aceh Timur Muhammad Yusuf, S.Ag membenarkan informasi yang diberikan oleh Wakilnya tersebut. Muhammad Yusuf menerangkan bahwa madrasah telah menyiapkan program untuk diikuti siswa madrasah baru.

“Dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka dan Kelas Bidikan saya harap kepada siswa agar dapat mengikut program-program yang telah kami siapkan. Di Kurikulum Merdeka ini kami sudah siapkan kegiatan informatika yang ditujukan untuk mempersiapkan siswa disini supaya nantinya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.” ungkap

Muhammad Yusuf juga menerangkan bahwa pihak madrasah juga menyiapkan mesin jahit untuk melatih keahlian siswanya di bidan busana, “Kemudian untuk sarana lain, ada mesin jahit ada 10 unit yang akan digunakan untuk mempersiapkan anak didik kami menjadi siswa-siswi yang siap bersaing ke depan dalam bidang busana.” tutup Kepala Sekolah.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *