Rajawalibaruna.com | BIREUEN¬† –¬† Ada banyak program unggulan yang berbeda dari tiap sekolah, yang mana tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas siswa menjadi lebih baik di berbagai bidang. Sama halnya dengan UPTD SD Negeri 12 Bireuen yang sudah menggalakan program Tahfiz Al-Qur’an sebagai ekstrakurikuler yang bisa diikuti siswa-siswi sekolah dasar tersebut.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Ainiah, S.Pd selaku Kepala UPTD SDN 12 Bireuen saat diwawancarai awak media, “UPTD SD Negeri 12 Bireuen merupakan sekolah dasar negeri pertama yang menggagas Tahfiz Al-Quran sebagai ekstrakurikuler di Kabupaten Bireuen.”, jelas Ainiah, Jum’at (28/7/23).

Diketahui juga, UPTD SD Negeri 12 Bireuen ini merupakan salah satu dari Sekolah Penggerak yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter. Tentunya program Tahfiz Qur’an ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas siswa sebagai penghafal Al-Qur’an serta pembentukan karakter yang sesuai dengan ajaran Islam

Ainiah, S.Pd sendiri menyebutkan bahwa tujuan utama dari program unggulan Sekolah Dasar yang dipimpinnya ini adalah agar sebelum menyelesaikan pendidikan sekolah dasar, setidaknya siswa sudah menghafal minimal 1 juz ataupun juz 30. Selain itu, Ainiah juga berharap agar hal tersebut bisa dicontoh oleh sekolah lain.

“Alhamdulillah, Tahfiz Al-Qur’an ini sudah berjalan 5 tahun dan kami juga sudah beberapa kali melakukan wisuda hafiz. Tentu dengan adanya kerja sama yang baik dari orang tua dan wali siswa, program dan kegiatan yang dilakukan di sekolah ini bisa sukses berjalan dengan baik.” sambungnya.

“Kami berharap dengan Tahfiz Qur’an ini, siswa dapat hafal setidaknya juz 30 dalam Al-Qur’an sebelum tamat SD. Dan juga semoga ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lain agar bisa diterapkan di seluruh Sekolah Dasar yang ada di Bireuen. UPTD SDN 12 Bireuen yang tidak besar dan hanya memiliki 313 siswa tahun ini berhasil menjalankan program seperti ini, tentu sekolah lain yang lebih besar bisa lebih mensukseskan program Tahfiz Al-Qur’an ini.” tutup Kepala UPTD SD Negeri 12 Bireuen, Ainah, S.Pd.

(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *