Rajawalibaruna.com | KOTA LANGSA Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA melakukan silarahmi ke Dandim 0104/Aceh Timur dan Kapolres Langsa, Senin (14/8/2023).

Kedatangan rombongan IAIN Langsa disambut langsung oleh Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto dan Kapolres Langsa AKBP Muhammadun, SH di ruang kerjanya.

Dihadapan Dandim 0104/Aceh Timur, rektor IAIN Langsa mengatakan, selain merajut silaturahmi, pihaknya juga akan membangun kerjasama lintas sektoral, diantaranya peningkatan pemahaman wawasan kebangsaan kepada sivitas akademika, pembinaan organisasi kemahasiswaan.

“IAIN Langsa memiliki organisasi kemahasiswaan yang bersentuhan langsung dengan Kodim, seperti Resimen Mahasiswa dan Pramuka, kami berharap jajaran kodim dibawah komando pak Dandim bisa membina mahasiswa kami,”imbuh rektor.

“Pak Dandim juga dapat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru terkait wawasan kebangsaan,”tambah rektor.

Selain itu, sambung rektor, IAIN Langsa juga siap menugaskan para dosen untuk mengisi kegiatan sosial keagamaan.

“Kita memiliki sumber daya manusia dibidang sosial keagamaan, mungkin bisa dimanfaatkan untuk mengisi khutbah Jum’at, pengajian dan pembinaan mental,”pungkas rektor.

Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan rekor IAIN Langsa, pada prinsipnya, Kodim 0104/Aceh Timur siap bersinergi dan berkolaborasi untuk memajukan dunia pendidikan.

Menerut Dandim, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus dibekali dengan semangat cinta tanah air salah satunya melalui wawasan kebangsaan.

“Kita tidak mau generasi kita tergerus oleh dunia Maya, sehingga mereka lupa akan sejarah bangsa, maka perlu kita berikan pemahaman sejak dini,”tukas Dandim.

Dandim juga menyebutkan, mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikannya dapat berkarir di TNI melalui program perwira karir.

“Perwira karir ini terbuka untuk umum, yang memiliki ijazah strata satu,”kata Dandim.

Di Polres Langsa, rektor IAIN Langsa menyampaikan kondisi terkini kepada Kapolres Langsa. Menurut rektor, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang melaksanakan fungsi tri dharma perguruan tinggi, diperlukan simbiosis mutualisme dalam peningkatan pengembangan sumber daya manusia.

“Kerjasama ini sangat diperlu dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kapasitas Human Resources kita,”tandas rektor.

Rektor juga berharap, Kapolres Langsa dapat memberikan izin kepada jajarannya untuk melanjutkan pendidikan di IAIN Langsa.

“Bagi yang belum sarjana dapat menempuh pendidikan di IAIN Langsa, bagi yang sudah bisa melanjutkannya ke Pascasarjana kita,”kata rektor.

Sementara itu, Kapolres Langsa menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh rombongan IAIN Langsa. Polres Langsa bersedia untuk memberikan pendampingan dan pembinaan sesuai dengan tugas dan fungsi kepolisian.

Kapolres juga terus memberikan dukungan kepada anggotanya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Insya Allah saya siap untuk sharing knowledge, sharing informasi kepada sivitas akademika, kususnya kepada adik – adik mahasiswa,”tutur Kapolres.
( Herri )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *