Takengon – Rajawalibaruna.com Babinsa Koramil 09/Ketol Sertu Heri. P bantu warga menyemai bibit cabe milik bapak Absah ( 50) dan membuat benih bibit cabai yang berkualitas

bertempat di desa buter kc.ketol kab.Aceh tengah.Kamis (25/08/22).

Babinsa Sertu Heri.P mengatakan, pendampingan ini untuk memberikan motivasi kepada petani agar hasil panen nantinya bisa memuaskan bukan hanya dari pemeliharaan dan asupan nutrisinya saja, melainkan juga harus diperhatikan dari segi benih dan kualitas bibit cabai tersebut.

Banyak petani sekarang ini membeli benih cabai di toko-toko pertanian. Semua produk berkemasan itu menjanjikan produktivitas tinggi, kualitas cabai yang super dan lain-lain. Tapi sebenarnya petani juga bisa membuat benih cabai sendiri dengan kualitas yang tak kalah menjanjikan dari kualitas benih yang dijual di toko-toko.

Biji atau benih cabai yang akan digunakan merupakan buah yang dipetik dari Induk tanaman harus memiliki ketentuan khusus agar buah dan biji cabai yang dihasilkan juga berkualitas baik, “terang Babinsa.

Sementara itu Absah (50) mengucapkan bayak terima kasih kepada babinsa yang selalu memberikan motivasi dan arahan kepada petani mulai dari pengolahan lahan dan cara menyiapkan bibit yang super agar tidak kalah dengan bibit yang bermerek dan pengunaan pupuk non organik.

  1. Apalagi saat sekarang bibit maupun pupuk semua serba mahal dengan adanya ede ataupun gagasan dari babinsa untuk mengurangi biayaya dan dengan adanya masukan dari babinsa semoga petani bisa sukses dan bisa mandiri” Ucapnya”.

 

Jurnalistik Aceh:

(Adis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *