Redelong-. Rajawalibaruna.com Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh tentang Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2022 yang saat ini sedang berlangsung dan diikuti oleh 80 orang Guru Pendidikan Agama Islam asal Kabupaten Bener Meriah. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

Berita acara kerjasama tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Sukur, S.Pd, M.Pd sementara dari pihak UIN Ar-Raniry Banda Aceh ditandatangani oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Sahrul Muluk, S.AG., M.A., M.Ed., PH. D, di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis (6/10/2022).

Melalui pesan singkatnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Sukur, S.Pd, M.Pd seusai penandatangan Mou itu menyampaikan, penandatangan MoU antara pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, ini boleh dikatakan momen yang cukup strategis dalam rangka untuk mensinergikan potensi dan SDM yang kita miliki dengan lembaga pendidikan UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini. Tujuannya adalah untuk penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Tahun 2022.

“Melalui kerja sama ini nantinya antara Pemkab Bener Meriah dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sepakat untuk melaksanakan program penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Guru Pendidikan Agama Islam bagi 88 orang Guru PAI asal Kabupaten Bener Meriah oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berdasarkan prinsip kemitraan dan saling memberi manfaat kedua belah pihak,” ungkap Sukur, S.Pd. M.Pd.

Sukur S.Pd, M.Pd melalui pesan singkatnya juga menyampaikan, pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah sangat berterima kasih atas kerjasama ini, semoga dengan ditandatanganinya MoU ini bisa menjadi langkah maju dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia, khususnya Guru PAI yang ada di daerah penghasil kopi Arabika terbaik didunia itu ke arah yang lebih maju.

“Setelah mengikuti Diklat ini para Guru PAI ini akan mendapatkan Sertifikat Profesi dan berhak mendapatkan tunjangan sertifikasi, sehingga diharapkan kinerja mereka juga akan meningkat dan profesional yang pada gilirannya akan berpengaruh positif terhadap meningkatnya mutu pembelajaran, khususnya mata pelajaran PAI,” imbuhnya.

“Ke depan kita akan terus melakukan dan melanjutkan akselarasi dengan bekerjasama juga berkolaborasi dengan berbagi lembaga lainnya khususnya di bidang pendidikan, sebagai komitmen dari Pj. Bupati Bener Meriah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

“Insya Allah dalam waktu dekat kita juga akan menandatangani MoA dengan Pusat Riset Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) dalam rangka peningkatan kompetensi Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah,” tandas Sukur, S.Pd, M.Pd.

Penandatanganan MoU yang berlangsung di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry tersbeut juga dilakukan bersama dengan 3 (tiga) Kepala Dinas kabupaten/kota lainnya yaitu, Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Tenggara dengan jumlah peserta keseluruhan 198 orang Guru PA, pungkas Sukur, S.Pd, M.Pd.(Adis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *