Redelong- Rajawalibaruna.com – Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si menghadiri pembukaan “Business Matching Tahap IV dan Pameran Produk Dalam Negeri (PDN) Polri Tahun 2022” dalam upaya untuk melakukan percepatan realisasi belanja produk-produk dalam negeri oleh Kementerian/Lembaga, BUMN dan pemerintah daerah, yang dilangsungkan Bali, 6/10/1022).

Acara pembukaan temu bisnis dan pameran UMKM yang digelar oleh Polri tersebut dengan nama “Business Matching Tahap IV dan Pameran PDN Polri Tahun 2022” dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, yang turut dihadiri oleh, Mendagri, Menpan-RB, Menteri Koperasi dan UMK, Wakapolri dengan seluruh petinggi Mabes Polri, seluruh Kapolda, seluruh Gubernur, Bupati/Walikota dari seluruh Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dalam amanatnya menyampaikan, sangat mengapresiasi kepada polri telah menyelenggarakan kegiatan ini dan mengajak seluruh masyarakat untuk merapatkan barisan untuk menghadapi inflasi dangan menggunakan produk dalam negeri, katanya.

“Kita harus bangga dengan buatan Indonesia, duni sekarang menghadapi dinamika yang tidak tahu ujungnya akan kemana, jadi sangat penting bagi kita memiliki ketahanan. Salah satunya adalah ketahanan ekonomi, kita haris bisa mendorong industri dalam negeri kita tumbuh, tujuan pemerintah adalah mendorong program bangga Indonesia,” tegas Luhut Binsar Panjaitan.

Sebelumnya laporan Penyelenggara acara yang disampaikan oleh Aslog Kapolri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, S.I.K, M.Si mengatakan, temu bisnis ini secara nasional telah dilaksanakan sebanyak tiga kali, yang pertama di Bali, kedua dan ketiga di JCC ( Jakarta Convention Center) dan yang keempat diadakan di Bali Kembali, katanya.

“Tentunya temu bisnis ini telah menghasilkan komitemen belanja produk dalam negeri oleh Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah dan BUMN yang mencapai Rp. 904,17 triliun, dan saat ini telah terealisasi sebesar 49,83 persen atau senilai Rp. 450,56 triliun,”ujar Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

Menurutnya, pelaksanaan temu bisnis tahap IV tersebut sebagai leading sector adalah Kemenko Marves, yang secara kebetulan telah menunjuk Polri untuk melaksanakan kegiatan ini, untuk kegiatan kali ini tema yang kita usung adalah, “Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri Oleh K/L, Pemerintah Daerah dan BUMN” ujarnya.

Sedangkan Pj. Bupati Bener Meriah setelah pembukaan acara tersebut menyampaikan, kegiatan yang dilakukan oleh Polri ini adalah untuk Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri Oleh K/L, Pemerintah Daerah dan BUMN ini tentu akan membawa angin segar bagi daerah, khsusnya bagi pelaku bisnis yang ada di Bener Meriah, seperti palaku ekonomi sector ekspor kopi, termasuk semua jenis produk UMKM dan berbagai potensi lainnya yang ada dari daerah kita, kata Drs. Haili Yoga, M.Si.

“Intinya, kegiatan ini memiliki peranan strategis dalam perekonomian nasional maupun daerah terutama bagi Kabupaten Bener Meriah, dengan bertumbuhnya ekonomi, ini tentu akan mengurangi tingkat kemiskinan melalui pembukaan lapangan kerja, meningkatkan pemerataan pendapatan masyarkat melalui aktivitas-aktivitas usaha keci menengah,” ungkap Pj. Bupati Bener Meriah.

Disebutkan oleh Pj. Bupati Drs. Haili yoga, M.Si, Pemerintah daerah akan terus mendorong semua program berbasis kerakayatan di Bener Meriah agar terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi peningkatan ekonomi masyarakat, dengan diterbitkannya SKA Kopi Gayo tentunya kita ingin mempercepat peningkatan ekspor sekaligus untuk menambah PAD kita.

“Kita juga akan berusaha dengan berbagai cara dan kebijakan untuk membantu peningkatan kemampuan produksi UMKM kita yang berdaya saing tinggi dan memiliki keunggulan, dan kita juga sangat mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi untuk mengembangkan produk yang berorientasi ekspor, agar apa yang mejadi kegiatan yang kita ikuti ini bisa kita wujudkan, Insyaallah,” pungkas Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si. (Adis)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *