Rajawalibaruna.com | kabupaten Gayo Lues-Mengingat masih minimnya fasilitas kesehatan di RSUMAK Kabupaten Gayo Lues perlu kiranya menjadi perhatian sehingga di prioritaskan pemda setempat. Hal ini, untuk mengurangi pasien rujuk, akibat kekurangan alat medis maupun dokter di RS tersebut.
pada Hati Jum’at, 11 November 2022

“Gayo Lues memiliki Rumah Sakit, sehingga perlu menjadi perhatian pemda dalam melengkapi fasilitas pendukung medis,” Kata Ketua DPD PAN Gayo Lues, Jum’at

Ali Sadikin menyebutkan, akibat kekurangan fasilitas medis maupun keberadaan dokter seringkali pasien harus di rujuk ke luar darah. Namun, seharusnya pemda secara bertahap dapat melengkapi fasilitas di RSUMAK tersebut agar pasien-pasien yang semestinya tidak harus dirujuk tetap dapat dirawat di RS itu.

Meski dengan biaya yang ditanggung BPJS namun, rujuk pasien tetap akan menjadi beban bagi keluarga pasien. Jika dapat diatasi dengan adanya alat-alat kesehatan yang mumpuni bukankah langkah itu lebih baik dilakukan, kata dia.

“Ke depan, kita berharap, usulan program dapat di utamakan ke RSUMAK ketimbang kegiatan fisik pada dinas lain, bahkan hanya menjadi bangunan yang tidak berfungsi dan mubajir,” ucapnya.

Menjamin pelayanan pasien di RS tersebut, Ali Sadikin juga meminta pemda Gayo Lues mengembalikan dan menempatkan dokter-dokter spesialis yang sudah di sekolahkan dan dibiayai pemda ditempatkan pada RS tersebut.

Kabiro Gayo Lues
penulis: (Abu Bakri/ Amin lingga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *