Rajawalibaruna.com | Talu – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sumatra barat,Haris sukamto hari ini (Rabu, 18 januari 2023) melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Talu pasaman barat. Kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja Perdana sebagai Kakanwil sumbar ke Lapas kelas III Talu.

Pada kunjungan tersebut Kakanwil Haris sukamto, disambut langsung oleh Kalapas , Donni isa darmawan beserta jajaran, dengan diawali laporan petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) yang melaporkan kondisi dan isi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Setelah laporan petugas P2U, Kakanwil mendapatkan sambutan meriah dari WBP lapas kelas III Talu.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan sangat berterima kasih yang sebesar-besar terhadap Kalapas Talu beserta jajarannya bahkan kepada WBP yang telah menyambut dengan meriah walaupun dalam keadaan terbatas.

Selanjutnya, Kakanwil juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Lapas kelas III Talu bahwa dengan diluncurkannya Corporate University yang mengarah pada sumber daya manusia unggul, seluruh petugas junior, senior, staf, atau petugas jaga agar terus meningkatkan knowledge serta mengubah pola pikir dalam bekerja sehingga mampu bersaing dalam era perkembangan teknologi saat ini.

“Seluruh jajaran harus bekerja dengan baik, pakai hati nurani, terapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Undang-Undang Pemasyarakatan, jalankan tugas dan fungsi (tusi) masing-masing, serta hindari hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan diharapkan pegawai jangan bermain dengan Narkoba dan memberikan contoh yang baik kepada warga binaan” pesan Haris sukamto.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil juga menyampaikan pesan kepada semua WBP bahwa perbanyak ibadah sesuai keyakinan dalam menjalani pidana, taati setiap peraturan dalam lapas, patuhi petugas, tingkatkan kebersihan baik kamar, blok bahkan lingkungan dalam Lapas serta jauhi narkoba dan sebaiknya mengikuti setiap program pembinaan kemandirian sebagai bekal kelak jika bebas sebagai tujuan pemasyarakatan.

selanjutnya kalapas kelas III Talu mengatakan “dengan adanya kunjungan dan arahan dari bapak kakanwil kemenkumham sumbar ke lapas III Talu,semakin memperketat keamanan dan ketertiban serta meningkatkan pembinaan kemandirian dan utama kan kebersihan di lingkungan lapas agar WBP terjaga kesehatan dan kebersihanya.selanjutnya kepada jajaran pegawai lapas kalapas mengatakan,pelayanan prima bagi masyarakat.

Kemudian di lanjutkan, Kakanwil di dampingi kalapas juga melakukan pengecekan langsung sarana prasarana kantor di Lapas Talu seperti Blok Hunian, area tempat ibadah, hingga dapur Lapas.

selepas mengunjungi areal dalam lapas di lanjutkan dengan acara makan bersama di areal lapas kelas III talu.

(Handro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *